Selasa, 24 Maret 2009

Hati-hati dengan pembersih busa


Sekedar bagi ilmu aja : Aku diberitau guru les kimiaku.
Ini berkaitan dengan Asam-basa. Tau kan ? Ada merek ***** yang berguna untuk membersihkan busa setelah mencuci baju.

Kedengarannya keren, bisa bersihin busa dari pakaian, tapi kita harus hati-hati. Kenapa ?

Busa adalah senyawa basa. Kok bisa hilang dengan pembersih busa ? Nah, hilangnya busa berarti perubahan basa menjadi netral kan ?

Ingat : Basa + Asam ---> Senyawa netral + garam

* Bagi yang ga ngerti, ga usah pedulikan garam dalam hal ini.

Busa sebagai basa
Air sebagai netral
Trus, yang asam apa donk ?

Itu dia, diduga : Pembersih busa bersifat asam. Aku blum nyoba secara langsung sih. Aku blum pernah nge-tes pembersih busa pake kertas lakmus. Di senyawa asam,kalau kita celupin kertas lakmus biru, kertas itu akan berubah jadi merah. Kalau celupin kertas lakmus warna merah, tetap warnanya.
Kalau pembersih busa itu asam, berarti kita harus hati2. Soalnya zat yang bersifat asam adalah zat korosif (perusak). Hati2 sama pakaian yang dibersihkan sama pembersih busa !

Ini masih spekulasi... jgn percaya sepenuhnya. Kalau ada yang mau nyoba, kasih tau aku yaa :D

3 komentar:

Yoedhis mengatakan...

wooooo
calon" nya nih ilmuwan
sip"

ronamentari mengatakan...

whooa, asam basa? hyaa, saya taunya defisit, Jurnal penyesuaian, dividen, .. dsb. hhaha, g nymbung. Tp thx lah infonya :D

Yoga Perdana Putra mengatakan...

aha... aku juga pernah pas praktikum kmaren nemu dgn salah satu merk itu, hasilnya bersifat asam, pH nya 6.