Jumat, 03 Februari 2012

Nyontek ? Ga usah !


Aku: “Kenapa dulu kamu beli jawaban buat UN ?”

Si X: “Biar praktis, ga perlu mikir panjang buat dapet jawaban.”

Aku: “Dasar, males mikir. Ga nyesel apa gimana ?”

Si X: “Allah kan maha Pengampun... hehe”

Aku: (hati dongkol setengah mati)

“GR banget... Kamu sendiri serius tobat ga sih ? Emangnya ada jaminan Allah bener-bener mengampunimu ? Ya sih.. Allah emang maha Pengampun, Dia mengampuni orang-orang yang dikehendaki-Nya.”

***

Itu bukan dialog yang sebenarnya, tapi itu berdasarkan pengalamanku sendiri. Ada cerita lain. Aku dapet kabar juga dari temen se SMA, sebut saja namanya “Si N”. Dia itu satu-satunya siswa di kelasnya yang ga beli jawaban UN. Si N itu siswa terjujur di kelasnya... Subhanallah ! Cerita lain... Aku pernah diminta oleh teman se-ruangan UN untuk bantu ngerjain salah satu soal ujian. Katanya, “Help me Riz.” Tentu saja, aku hanya membalas, “Emoh...”. Aku mikir, sepertinya contek-mencontek dah jadi hal biasa, namun terselubung. Coba kalau dilihat lebih jauh lagi. Ingat masa SMA, baca berita, dengar sana-sini... Banyak anak yang mencontek, bahkan di saat ujian. Ngenes banget tho...

Ada kabar yang lebih parah lagi. Ini hanya berdasarkan informasi dari teman. Seorang guru penjaga ruang Ujian Nasional (UN) justru membantu siswa melakukan kecurangan. Supaya lebih jelas, seperti ini ceritanya (bukan yang sebenarnya, namun kurang lebih yang ada di benakku seperti itu.)

Siswa A: (tengok kanan-kiri dengan maksud mencari jawaban)

Pak B: (diam-diam memperhatikan)

Siswa A: (semakin berambisi melihat jawaban sebelahnya, siswa C)

Pak B: (Sambil mendekati siswa C) “Bantuin temennya tuh, biar dia bisa ngerjain”

***

Wagu tenan kii. Masa guru jaga yang jelas-jelas dipilih dari sekolah lain untuk menjaga ketertiban kelas selama UN, justru membantu peserta UN berbuat kecurangan. Semakin jelas bahwa contek-mencontek dah jadi wabah penyakit.

Yang pengen aku sampaikan di sini adalah, JANGAN TIRU MEREKA. Apapun alasannya, mencontek saat ujian itu ga baik. Bantu teman, menyenangkan orang tua karena nilai bagus, Emang terdengar sulit ya, bagi orang yang sudah terbiasa mencontek, apalagi orang yang mencontek itu berada di lingkungan orang-orang yang juga terbiasa mencontek.

Kenapa aku berani pake caps lock ? Aku punya beberapa alasan kalo mencontek itu ga baik.

1. 1. Ga ada kepuasan batin ketika kita dapet hasil yang bagus

2. 2. Membuat si pencontek semakin bodo karena dia males mikir

3. 3. Bisa menumbuhkan bakat mencuri karena mencontek itu kan mengambil jawaban yang bukan miliknya (di waktu yang ga tepat, beda kl nyonteknya pas lagi belajar kelompok)

Mungkin ada alasan-alasan lain yang belum terpikirkan, boleh menambahkan kalau ada. Sebenernya, ada alternatif yang lebih baik daripada mencontek punya orang lain, yaitu mencontek jawaban punya sendiri. “Jawaban” itu berupa memori dari hasil belajar di waktu sebelum ujian. “Jawaban” itu terekam di otak. Lebih baik kalau “jawaban” itu dibuat jauh hari sebelum hari H ujian, maksudnya, belajarnya jangan dadakan dan diulang-ulang. Itu akan membuat “jawaban” tersimpan di arsip penyimpanan jangka panjang. Sebaliknya, kalau jawaban baru dibuat dan masih segar, bakal tersimpan di dalam arsip penyimpanan jangka pendek. Semua hal di arsip itu ga tahan lama.

Itu sekedar tips yang mudah-mudahan membantu kita semua dalam belajar, supaya punya bekal yang cukup untuk menghadapi ujian, supaya ga perlu mengambil jawaban punya sebelah.

Khususnya buat adek-adekku yang sebentar lagi ujian, terus belajar & berdo’a supaya ingat kalo Allah selalu menemani. Kalo gitu, yang awalnya mau nyontek ga jadi nyontek deh... :)

2 komentar:

nandeaad mengatakan...

siiiip... Rizka kereeeen...

I hate cheater that's why I don't want to be cheater...
ga hanya di Indo, di sini aja temenku pada nyontek.
sebel liatnya.. diingetin malah bikin kesel ndiri..
=_=

RIZKA mengatakan...

apaaa ? orang2 sana punya mental korup trnyata. ckckck... jelek bgt.. jgn sampe kt ikut2an ya