Kamis, 14 April 2016

TERLIHAT Cantik

Seorang wanita berdandan memoleskan lipstik pada bibir. Entah untuk apa.. Mungkin menutupi warna asli wajah sehingga terlihat cerah di mata orang lain.  Pujian seperti “cantik” dilontarkan padanya. Alasan simpel lainnya adalah sekedar menyenangkan diri sendiri hingga  mudah tersenyum kalau berkaca.

Sampai di ruang pertemuan dan bertemu dengan teman-teman, mereka memuji “Cantik...”
Keesokan harinya, dia lupa memoleskan lipstik karena kemrungsung dan merasa biasa saja tanpa lipstik.  Reaksi teman-teman yang melihat adalah “Kok ga pakai lagi ? Padahal cantik lho kemarin pas pakai.”

Yang ada di benaknya adalah. Apakah mereka hanya memuji wanita cantik ketika menggunakan make up, ketika wajah TERLIHAT cerah ? Berarti kalau ga pakai make up, ga cantik ? Kalau memang demikian, wanita yang ga jahat hatinya pun juga bisa mendapatkan predikat cantik karena di-make up.

Betapa beratnya dampak pandangan mata dan penilaian manusia ya. Karena itu, para wanita rela memoles sedikit zat kimiawi entah merkuri atau timbal, ke bagian tubuh yang dengannya bisa menyampaikan bahasa verbal dan non verbal. Karena penggunaan zat kimiawi itu, para wanita bisa TERLIHAT cantik, meskipun kondisi hatinya kita murung.

Dasar manusia ya. Terjebak pada apa yang terlihat oleh mata. Hanya mengapresiasi pada sesuatu yang bukan apa adanya, tapi apa yang tampak bagus. 

Padahal, pandangan mata itu hanya sekilas. Kalian akan tau apa isi hatinya nanti. Memang dia terlihat cantik, tapi senyumnya bukan dari hati. Senyumnya karena senang melihat dirinya TERLIHAT lebih cantik. Ada juga yang make-upnya tebal, untuk menyembunyikan kerutan-kerutan alami pada wajahnya. Sengaja pakai make up karena ga bangga dengan wajah aslinya. Sampai ada juga yang bergantung pada make up, “Rasanya kalau ga pakai make-up, ada yang kurang.”

Bukan bermaksud menjelek-jelekkan fungsi make-up dan orang yang menggunakannya, tapi rasanya sayang saja kalau para wanita justru lebih menghargai kecantikan hanya ketika menggunakan make-up.  

Jangan khawatir, wanita yang cantik hatinya juga akan terlihat cantik nantinya, apapun label dari orang-orang terhadap kondisi fisiknya.

0 komentar: